Wednesday, May 18, 2011

Down - Syndrome Kids

Wednesday Night 18 Mei (which I thought was April -- this af ternoon --") 2011 

wow.... i finally find a reason  to write in my blog! :D
Honestly, nothing important... just want to share something with you my friends :)


Malam ini, aku nonton "GOT TO DANCE UK 2, Ep 6" dan di malam yang istimewa ini, ada penampilan dari DANCE TWENTY - ONE (kalau nggak salah gitu namanya). Grup penari - penari ini terdiri dari anak - anak yang mengidap down syndrome. Kalian tau down syndrome itu apa 'kan..?? Sebenarnya menurutku pribadi down syndrome bukanlah suatu penyakit, melainkan kelainan struktur saraf otak yang mengakibatkan malfunction atau keterlambatan dalam melakukan suatu pekerjaan (aku sudah berusaha menjelaskan dengan bahasa termudah lho!). Intinya, jangan kita lihat anak - anak penderita down syndrome itu dengan sebelah mata. Hei, mereka juga anak manusia dan mereka ISTIMEWA. Ya, mereka istimewa karena mereka mempunyai keunikan sendiri dalam menangani sebuah informasi. :)

Anak - anak yang sejak lahirnya dianugerahi keunikan yang luar biasa ini tetap mampu bertahan hidup dan tumbuh dengan kekreatifan mereka masing - masing. Tentunya dengan dukungan, didikan dan perlakuan terbaik yang diberikan oleh orang - orang di sekitarnya.
Terbukti dengan yang aku lihat malam ini di tv. DANCE TWENTY - ONE  berhasil membuat Kimberly menangis bebeh! ... dan berhasil membuatku terisak. Sudah beberapa tahun terakhir ini aku mencari banyak informasi dan mencari keajaiban dari anak - anak down syndrome... berharap suatu saat ketika aku dewasa nanti aku bisa melakukan sesuatu buat mereka, dan malam ini mereka menunjukkan satu lagi keajaiban itu padaku.
Anak - anak ini menari ala cheerleading, emang nggak ada formasi pyramid, koreo nya tidak sesempurna manusia - manusia normal, tidak ada gerakan - gerakan lincah dan heboh yang biasanya kita lihat saat cheerleader menari. Tapi ada satu hal yang bikin mereka sangat - sangat bagus. Dalam keterbatasan mereka, mereka berhasil tampil dengan ketulusan. Mereka menari berbekal tulus, ceria, dan kegembiraan. Siapa sih yang nggak bakal tersenyum sampek menangis melihat mereka cheerleading gitu?! Mungkin kalau suatu saat mereka tampil di sekolahku, aku bakal jadi orang pertama yang teriak - teriak tepuk tangan buat mereka! :')

Mungkin kalian yang membaca ini berfikir... ah, Ifa lebai! Gitu aja nangis! Gitu aja terharu! Gak penting. 
Iya, emang nggak penting, nggak keluar try out, nggak keluar UAS, nggak keluar UNAS, nggak keluar SNMPTN.. tapi kalau kalian jadi salah seorang dari mereka, atau orang - orang terdekat mereka, hal itu sangat penting buat kalian. Kita nggak pernah merasakan apa yang mereka rasa, mungkin kita bahkan nggak peduli. Dan bahkan kalau ada seorang anak yang berbeda di antara kita... yang mungkin kita lihat agak aneh... yang di luar dari kebiasaan, yang mempunyai dunianya sendiri, kita sering menertawakan mereka... iya nggak? Teman kita aneh sendiri, bukannya kita berdiri di belakang mereka, malah kita berdiri dan tertawa di depan mukanya.

Kalau saja kita tau apa yang mereka bisa lakukan, apa yang bisa mereka berikan kepada dunia, pasti kita akan terdiam, menangis dan tersenyum. Sadar atau tidak, mereka ini adalah orang - orang polos dari beribu - ribu juta orang di dunia ini. Autis, down syndrome, dyslexia, apa pun "beban" hidup yang mereka hadapi, mereka bisa menjadi orang - orang hebat dan membanggakan jika ada yang mau membantu dan menyemangati mereka. Penyakit itu memang tidak bisa dipulihkan 100%... bayangkan teman - teman, mereka harus memikul beban itu seumur hidup, tapi lihatlah mereka masih bisa tersenyum polos, menari, tertawa, hidup seolah - olah tak ada beban dan membuat kita bahagia melihat kepolosan mereka. Mereka orang - orang terpilih yang paling polos dan tak berdosa di dunia ini. :)



(dedicated with full of love for my dearest sisters : Acik, Ira, especially Ica :)) ---> you're the best of all, and in memory (alm) Lia, if you're still alive, i'd be the one to protect you.. really :))

No comments: