Thursday, October 28, 2010

Welcoming My New Sister :)

Alhamdulillah... pada tanggal keramat: 23 Oktober 2010, abangku tercinta, Edwin Susanto, akhirnya menikah juga dgn seorang kakak cantik bernama Febrina Annisa. Alhamdulillah juga, acara berjalan dgn lancar.... tp muka ku sampek blenek di make up in!--'
Kalo katanya org - org, aku yg asli dan aku yg di make-up gak mirip! Betul kah???? Maybe...

Hal penting apa yg ada dlm pernikahan??? Apakah ijab kabulnya tok? Resepsinya? Hura-huranya? Kegembiraan sementara?? Capeknya?? Make up nya?? Tamunya??? Pidatonya???? Apa ya kakak ya?(Alif Mode: ON)

Nah, itu semua terungkap saat kita rapat keluarga, alias ngumpul-ngumpul sambil buka kado di ruang tamu.
Selesai rebut-rebutan membuka kado dari keluarga dan teman - teman, para "sesepuh" pun memberikan wewejangan (nasihat: red) (aku mendengar sambil nemenin Alif main ---- loncat2x di atas kotak!)


Papaku, yang membuka sesi KUL-30-MENIT. Ada bagian yang paling aku suka...
".... sekarang, Febri sudah menjadi anggota keluarga besar ini. Yang penting dalam kekeluargaan itu adalah persaudaraan. Febri, sudah masuk di keluarga ini, jadi, keluarganya Iwin, juga keluaraganya Febri. Begitu juga Iwin. Keluarga Febri juga keluarga Iwin. Dimanapun kalian berada, apa pun yang terjadi persaudaraan itu penting dan silaturrahim tidak boleh putus....
..... Pernikahan ini pernikahan antar adat (Aceh - Sunda). Perbedaan budaya  itu ada, tapi jangan jadikan perbedaan itu menjadi suatu hal yang bisa merusak hubungan kekeluargaan. Jadikan perbedaan itu supaya semakin mengeratkan kekeluargaan. Kita ambil positifnya. Setiap budaya itu berbeda tetapi pasti ada hal - hal baik yang bisa kita ambil...."

Lalu... disambung oleh nasehat dari Bude Lely (Mamanya Bang Iwin) , Bu Ani dan Bang Ipan (abang ke-2nya Bang Iwin). Apa yang mereka katakan nggak jauh beda... hanya ada tambahan dari Bu Ani..., setiap hubungan suami - istri itu berhasil jika ada komunikasi. Sesama suami - istri harus saling terbuka dan menyelesaikan masalah bersama - sama. Kalau perlu, tidak usah melibatkan campur tangan orang lain.

Baru, giliran Bang Iwin mengatakan sesuatu,
"..... Terima kasih Mama, Acik, Om Gun, Bang Ipan, Bu Ani, Bule Wani, Bude Isa.. semuanya yang sudah datang jauh - jauh dari Aceh. Gimana pun Iwin bisa kayak gini juga berkat  semuanya. Iwin dan Febri masih anak Mama, masih anak Acik, masih anak Om Gun. Jadi, kalau ada kesalahan, ada kekhilafan, mohon ditegur. Toh Iwin dan Febri tidak sempurna..."

Begitulah cuplikan - cuplikan dari sesi 30 menit kuliah gratis. Benar - benar membuatku terharu. Banyak hal yang aku pelajari dari pernikahan Bang Iwin dan Kak Febri ini. Salah satunya, pernikahan adalah dimana duan insan menyatukan dua keluarga yang berbeda. Saat itulah sebuah keluarga menjadi lebih luas dan lebih banyak asam garamnya. Tetapi, jika kita menjaga persaudaraan, dan saling menjaga keluarga bersama, maka sebesar dan serumit apa pun permasalahn dalam keluarga tersebut, pasti dapat terselesaikan.

Indahnya kekeluargaan adalah saat kita bisa saling berbagi suka, duka, canda, tawa dan tangis bersama. Saat apa pun yang terjadi, kita tahu akan ada yang bersama kita. Baik itu Mama, Papa, Abang, Kakak, Adik, Sepupu, Bude, Pakde, Bule, Pak Le, Tante, Om, Keponakan, Eyang, Akung, Andung, Atok, Mbah Buyut... semuanya! Merekalah darah daging dan hidup kita. Kita mencari teman, tapi tidak mencari keluarga. Karena keluarga lahir saat kita lahir. Itulah istimewanya keluarga.

Meski pun kita menikah dengan orang lain pun, itu tidak membuat kita putus dengan keluarga kita. Malah menambah anggota keluarga kita. Seperti Mama dan Budeku, bertambah satulah anaknya, Kak Febri. Aku juga dapat Kakak baru. Alif (anaknya Bang Ipan - Kak Ira) juga dapat Tante baru.
.. Habis gini, menyusul kelahiran anaknya Bang Tata (Abg ke-1 Bg. Iwin) dan Kak Maya. Lalu, menyusul juga calon kakak dari Bg Iyut (Adiknya Bg. Iwin) dan Bg. Yayan (Anaknya Bule Wani).

Tanpa sadar, keluargaku makin lama makin meluas... dari Aceh, sampek Sulawesi, keluargaku tersebar! (Bayangin hebohnya bulan ini ------ bercampur baur semua!)
Makanya seminggu ini, aku udah libur 2hari buat jalan-jalan sama keluargaku! Hehe... karena, banyak hal indah yang terjadi saat kita bersama keluarga kita... :)

Selamat Bergabung ya, Kak Febri! :))

No comments: